Just another WordPress.com site

Mahasiswa, ini aku sekarang

Nama aku Angga Yudistira Permana. Aku biasa dipanggil Angga atau Bolang oleh teman kampusku. Aku dilahirkan pada tanggal 24 Mei 1989 di sebuah desa kecil di kecamatan Ciparay kab. Bandung. Aku merupakan anak pertama dari tiga bersaudara, mungkin kurang tepat, karena aku sesungguhnya mempunyai dua saudari perempuan. Hanya aku anak dari ibu dan ayahku yang laki-laki, yang lainnya bukan.

Sekarang aku masih berstatus sebagai mahasiswa di salah satu Universitas berlabel negeri di Kota Bandung. Sesungguhnya kampus tempat aku belajar memang benar-benar kampus negeri, setidaknya itu yang dikatakan ibuku dulu ketika aku diarahkan untuk kuliah disana. Walaupun negeri, tapi menurutku dan beberapa temanku yang saat ini menjadi aktivis kampus tidak jauh dengan swasta. Hal ini bisa dilihat dari sistem pembayaran yang cukup mahal jika disandingkan dengan statusnya sebagai Universitas Negeri.

Entah bagaimana awalnya aku bisa tertarik untuk belajar di Jurusan Pendidikan Sejarah. Iya, jurusan untuk orang-orang yang mencintai buku lebih dari wanita, khususnya buku-buku sejarah. Sedangkan aku hanyalah seorang mantan siswa yang ketika masih berseragam putih abu sangat anti terhadap buku-buku seperti itu yang menurutku mempunyai ketebalan yang diatas standar. Menurutku buku-buku itu lebih pantas jika dijadikan sebagai bantal untuk tidur, atau bahkan bisa dijadikan sebagai alat untuk nimpuk orang yang kurang ajar atau sekedar iseng. Buku yang paling pantas untuk dijadikan kawan dalam mindsetku sejak dulu hanya ada satu, komik. Y itulah pandanganku semasa aku masih belum hijrah ke dunia kampus.

Rabu, Agustus 2007

Pagi-pagi benar aku berangkat dari rumah menuju kampus untuk registrasi dan melakukan transformasi, dari calon mahasiswa menjadi mahasiswa. Usahaku tidak sia-sia. Aku diterima di Jurusan Pendidikan Sejarah sebagai salah satu dari seratusan mahasiswa yang diterima di jurusan tersebut. Walaupun tak sehebat perjuangan sperma yang berlomba untuk mencapai sel telur ketika terjadi proses pembuahan, keberhasilanku kali ini bisa dibilang cukup hebat. Karena menurut data dari sumber terpercaya, aku berhasil menyingkirkan sekitar 300an calon mahasiswa yang kalah di SPMB untuk memperebutkan kursi di ruang perkuliahan Jurusan Pendidikan Sejarah. Ya, sedikitnya aku boleh sedikit berbangga hati, karena aku sama sekali tidak menggunakan cara-cara kotor yang digunakan oleh calon anggota dewan ketika berebut kursi.

Di hari Rabu tersebut, aku mengalami sesuatu hal yang luar biasa, yang berdampak pada pertumbuhan jiwaku sampai saat ini, saat aku menjadi senior tingkat satu. Begitu kata temanku.

“Angga?……”

seseorang menyapaku dengan nada sedikit bertanya

“Eh ada neng Tya. Kuliah disini juga? Masuk jurusan apa?”

“Iya bener ternyata angga. Iya ngga, aku kuliah disini, masuk jurusan pendidikan sejarah”

Ternyata teman yang tadi menyapaku merupakan teman lamaku ketika duduk di bangku SMP. Tya namanya.

“Itu temen kamu kuliah disini juga?” seraya menunjuk kearah seorang gadis berjilbab putih yang berada di sebelahnya.

“Iya, satu jurusan ko.”

“Wah ternyata sama dong, aku juga di jurusan Pendidikan Sejarah” Ucapku dengan sedikit girang

“Kebetulan sekali ya……” Sambungnya

“……..Eh iya ngga, aku pergi dulu y. Masih banyak urusan, mangga assalamu’alaikum”

“Wa’alaikum salam” Jawabku sambil sedikit memperhatikan gadis yang berjalan bersamanya.

Oh iya, nama gadis itu endah. Dia tidak suka bicara menurutku. Karena dia hanya diam saja. Bahkan ketika aku sedikit tersenyum pun, bibirnya seperti berat untuk membalas senyumanku yang ku buat semanis mungkin. Tetapi walau demikian, bagiku dia wanita yang sangat manis. Menurutku dia itu seperti satu berlian yang sangat kecil diantara tumpukan batu cadas. Manis dan cantik, itu ucapan yang keluar dari bibirku ketika aku pertama kali melihatnya. Satu jurusan dengannya merupakan satu anugerah yang luar biasa bagiku, sekaligus suatu kutukan. Kenapa? Nanti lain kali aku ceritakan. Sekarang aku mau tidur. Semoga tak ada yang penasaran.

 

 

 

Comments on: "Mahasiswa, ini aku sekarang" (2)

  1. siapa gitu c gadis teh? baru tau sayaa…

  2. emphh keren blog nyyy…. goood,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: